Sabtu, 11 Januari 2020

Ternak kutu air dengan air lele

Tags

Kutir atau kutu air biasanya sangat dicari peternak ikan, terutama ikan hias cupang, karena kutu air biasanya digunakan untuk makanan ikan saat usia burayak atau usia dibawah 2 minggu, mulut ikan masih kecil dan kutir adalah makanan yang pas.


Kutu air dapat di kembangbiaan menjadi banyak dengan beberapa cara. Ada yang menggunakan bekas cacing sutra yang sudah mati, dengan chlorella dll

Dan cara yang yang paling mudah menurut saya adalah dengan menggunakan air ikan lele.

Gambar dibawah ini adalah bentuk kutu air atau moina



Cara ternak kutu air dengan air lele

Caranya sih tidak serumit dengan menggunakan air hijau atau chlorella, atau yang menggunakan kotoran burung puyuh.

Kita cukup menggunakan air lele yang sudah pekat dan sangat kotor, ya cukup ambil air lele tersebut dan tuangkan pada ember yang besar dan taruh dibawah matahari langsung, dan jangan sampai terkena air hujan ya.

Kamu bisa membuat atap transparan dengan menggunakan plastik atau dengan menggunakan asbes bening.

Kenapa kutir bisa hidup dan sehat di air lele

Ternyata air lele itu sudah banyak sekali mengandung nutrisi dan mikro organisme yang sangat dibutuhkan untuk makan si kutu air

karena air lele yang sudah pekat dan lama hingga kotor itu kan sudah bercampur dari makanan2 ikan lele seperti pelet dan kamu tau sendiri kan bahwa untuk bahan pembuat pelet itu terdiri dari udang, ikan, tepung dan beberapa bahan yang banyak mengandung nutrisi lainya.

Jadi ga salah kalo air lele adalah air yang tepat untuk kultur kutu air atau kutir.

Buang air lele jika sudah bening

Air lele yang sudah di gunakan untuk kultur kutu air lama kelamaan akan menjadi bening, karena kutu air itu yang sudah memakan mikro organisme yang ada pada air lele tersebut.

Tempat yang baik untuk kutu air

Untuk beternak kutu air sebaiknya menggunakan tempat yang lebar dan untuk ketinggian air cukup 15cm saja, karena kutu air butuh tempat yang luas agar panen bisa melimpah.

Untuk tempat yang tepat kita bisa membuatnya dengan menggunakan papan yang dibuat persegi panjang dan menggunakan plastik atau terpal sebagai dasarnya, ya seperti di pasar2 ikan gitu, kamu pasti taulah kolam terpal, nah. Seperti itu saja lebih simpel daripada kita harus membuat kolam dari semen yang tentunya akan lebih banyak menghabiskan dana.

Demikian sedikit sharing bisnis wirausaha mandiri buat temen2 semua, semoga terinspirasi dan pastikan selalu pantau terus situs ini untuk info bisnis dan tutorial menarik lainya.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon