Minggu, 09 Februari 2020

Menghindari ikan cupang cepat mati

Tags

Saya ini sering sekali merasa frustasi kalo banyak ikan saya yang mati, Saya sudah banyak sekali mendapat pengalaman mengenai budidaya ikan cupang selama ini, jadi saya coba share aja pengalaman saya ini ya bos.


Memelihara burayak dengan jumlah yang sangat banyak pernah, membesarkan burayak dan sampai banyak burayak dan ikan ikan cupang saya yang mati karena terkena penyakit jamur juga pernah, mencoba berbagi jenis cara untuk menangani penyakit jamur ikan dengan obat biru, ketapang pekat, garam ikan juga sudah semua di coba. Namun mencegah itu memang lebih baik menurut saya untuk masalah budidaya ikan cupang.

Kemudian saya mengambil kesimpulan yang berarti, bahwa budidaya ikan cupang itu susah dan tidak gampang. Kalian harus perhatikan kualitas airnya, kemudian ukuran tempatnya dan jangan sampai salah menangani saat ikan cupang terserang penyakit. Dan kolam yang lebar itu lebih bagus dibanding dengan kolam yang sempit.




Ikan cupang tetap sehat dan cepat panen

Kalo saya sekarang punya cara sendiri dalam budidaya ikan cupang yang mungkin saja bisa kamu coba

Jika kamu adalah seorang penghobi dan ga ada niatan untuk membudidayakan ikan cupang dalam jumlah yang besar, itu tidak masalah, kamu cukup memelihara paling banyak 10 ikan cupang jantan saja sudah cukup untuk melihat ikan2 cupang kamu ngedok saat kamu pulang kerja, itu akan enjoy kamu rasakan.

Nah, berbeda lagi kalo kamu seorang pekerja kantoran dan ingin membudidayan ikan cupang dengan jumlah beberapa pasang, maka yang terjadi adalah, kamu sudah masuk ke zona penuh keribetan dan penuh perjuangan, dsn yang pasti kerjaan kamu di kantor akan kacau dan ikan2 kamu akan tidak sehat dan banyak yang mati. Jadi buat kamu yang bekerja kantoran dan agar ikan2 kamu bisa tetap sehat ada caranya, berikut adalah caranya.

  • Cukup sepasang atau maksimal 3 pasang dan di jadikan 1 kolam yang lebar, kemudian rawat hingga gede di kolam sampai pada keluar warna
  • Setelah keluar warna cupang2nya di angkat dan dimasukan ke ember cat 25kg selama kurang lebih 2 minggu sampai sizenya pas untuk dijual
  • Ambil saja beberapa cupang, panen sedikit demi sedikit saja dan masukan ke rawatan, misal 10 dulu dirawat di topeles yang lebar sampai mental bener2 baik dan laku dijual semua, kemudian tambah lagi ambil dari ember 25kg itu sampai habis, sambil mijahin lagi kalo sudah banyak yang terjual.
  • Dan yang peling penting adalah stok makanan untuk ikan harus bersih dan selalu tersedia, kalo saya sih biasanya kultur green water atau air hijau kemudian untuk kultur kutu air, dah cukup dengan kutu air yang banyak maka ikan2 bisa sehat dan selalu bagus staminanya.
Kenapa saya menyarankan seperti itu, ya karena saya sudah ngalami sendiri beberapa ikan saya justru mati sebelum siap jual karena di pindah2 kolam dan masuk botol sebelum sizenya siap jual dan lain2.

Jadi itu cara saya yang menurut saya simpel karena dengan seperti itu saya bisa sambil kerja dengan tenang tanpa harus ftustasi karena banyak ikan yang mati dan setres, kalo kamu penasaran seperti apa lengkapnya, kamu bisa tonton di chanel youtube saya cupang_magelang _99 atau ig saya juga sama namanya, kalo mau liat2 m apa saja stok ikan cupang yang saya jual.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon