Rabu, 08 Februari 2017

3 Ciri Kerusakan Pada Bagian Kompresor AC Mobil

Hyundaiatoz.com - Secara keseluruhan dalam kerusakan AC mobil ada beberapa macam kerusakan yang sering terjadi pada mobil, namun pada bagian ini akan membahas lebih detail mengenai kerusakan pada bagian kompresor AC, kita sebagai pemilik mobil harus cepat mendeteksi kerusakan-kerusakan pada bagian mobil agar bisa memperbaiki lebih cepat tanpa harus menunggu lebih parah yang akan bisa membuat biaya perbaikan lebih besar dan juga agar kita tidak mudah di curangi oleh bengkel-bengkel mobil yang nakal, karena tidak semua bengkel mobil itu jujur (pengalaman pribadi).

Beberapa Komponen pada bagian AC Mobil

Komponen mekanikal AC, Untuk mempermudah dalam pemahaman kita dalam belajar mengenai AC mobil, perlu anda pahami mengenai bagian-bagian mekanikal dari AC mobil, berikut adalah gambar dari komponen mekanikal AC mobil


Pada gambar diatas ada bagian-bagian utama dari AC mobil seperti Filter Drier, Evaporator, Kondensor, dan Kompresor yang akan kita bahas kali ini mengenai bagaimana cirinya jika ada kerusakan pada bagian tersebut. 

Komponen Elektrikal AC, Selain bagian komponen mekanikal, perlu dipahami juga mengenai komponen elektrikal, komponen elektrikal meliputi Magnetic clucth, Motor fan dan relay, Molor blower, wenstand, switch indax atau Termostat /termistor saklar speed angin, Amplifier ac

3 Ciri Kerusakan Pada Bagian Kompresor AC Mobil


Gambar diatas merupakan kompresor dari AC Mobil Hyundai Atoz, pada kasus yang sering terjadi dan untuk mengidentifikasi kerusakan awal pada Kompresor AC ada beberapa ciri-ciri yang perlu anda ketahui dan berikut adalah ciri-cirinya.

1. Bunyi Suara Ngorok, ketika anda merubah posisi ac pada posisi 1,2,3 (ac mulai bekerja) dan terdengan suara kasar sperti suara ngorok, namun ketika tombol ac di geser lagi pada posisi mati/ off suara kembali normal, dan suara kasar tersebut bisa disebabkan oleh oli pada kompresor habis atau kurang, selain oli juga bisa disebabkan piston pada kompresor aus, maupun AS kurang presisi, Trush bearing longgar bisa juga. banyak kemungkinan yang terjadi.

2. Bocor, Dengan terjadi kebocoran pada bagian kompresor, maka akan menyebabkan ac tidak terasa dingin, karena kebocora tersebut akan membuat freon semakin habis, namun kebocoran ini memerlukan waktu hingga beberapa minggu sampai kondisi freon benar-benar habis dan kodisi kabin benar-benar tidak dingin.

2. Kompresi berkurang, Ciri-cirinya: Untuk tahap awal hembusan udara AC terasa kurang dingin apabila mesin berada di rpm rendah. Ketika digas atau mobil mulai jalan di kecepatan tertentu, hembusan berubah dan mulai lebih dingin.

4. Magnetic clutch, Ciri-cirinya: Kebanyakan kasus ini terjadi apabila mobil sedang kena macet atau jalan merayap. Udara kabin yang tadinya dingin, tiba-tiba tidak sama sekali. Setelah dimatikan tombolnya beberapa saat, lalu dihidupkan lagi, kinerja AC kembali normal, dan biasanya diiringi RPM mesin tinggi, di atas angka 1 (1.000 rpm).

Dengan memahami ciri-ciri awal bagian kompresor ac sudah mengalami kerusakan, maka anda bisa langsung membawa ke jasa servis ac terdekat, jangan membiarkan ac rusak lebih parah lagi, karena bisa membuang lebih banyak biaya untuk perbaikan.

tag: kompresor ac rusak

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon