Sabtu, 05 Mei 2018

5 Cara memperpanjang usia transmisi matic pada mobil hyundai atoz automatic

Transmisi matic/ otomatis adalah transmisi yang melakukan sebuah perpindahan gigi atau percepatan dengan cara otomatis. Dan untuk mengubah tingkat kecepatan pada sistem transmisi matic digunakanlah mekanisme gesek dan tekanan oli transmisi matic. Pada transmisi matic roda gigi berfungsi untuk mengubah tingkat kecepatan dan torsi seperti halnya pada roda gigi pada sistem transmisi manual.

Konsumen saat ini mulai banyak memilih menggunakan transmisi matic, begitu juga di anggota club hyundai atoz yang mulai memilih menggunakan mobil bertransmisi matic karena lebih nyaman ketika kondisi macet.
Semakin meningkat dalam beberapa tahun belakangan ini penjualan mobil dengan transmisi matic, khususnya untuk beberapa mobil mewah, dan bahkan untuk tipe mobil tertentu sudah seluruhnya menggunakan transmisi matic, tidak berbeda dengan mobil hyundai atoz juga ada versi automatic/ matic/ otomatis.

Perawatan yang harus dilakukan untuk memperpanjang usia matic

Kamu dapat memperpanjang usia pakai transmisi matic hingga 150.000 km bahkan 200.000 km lebih tanpa perlu overhaul. Dengan cara melakukan perawatan transmisi matic lebih dini, sebelum terjadi gejala kerusakan, untuk jarak tempuh kendaraan baru maksimal 70.000 km. Dibawah ini adalah penampakan dari transmisi matic hyundai atoz

Biaya perawatan awal sekitar Rp 500.000 – Rp 1.000.000, Dengan cara melakukan perawatan transmisi matic, usia pakai mobil matic bisa bertambah hingga 3 tahun dari kondisi pemakaian normal (100.000.km)

1. Service mobil secara rutin

Servicelah mobil hyundai atoz kamu secara rutin, jika kamu sudah biasa cek kondisi mobil sendiri, maka tidak perlu ke bengkel, bawalah mobil di bengkel yang terpercaya jika kamu tidak biasa cek mobil sendiri, cek mobil sendiri bisa mulai dengan bagian oli-oli. Oli rem jika kurang ditambah, oli mesin sudah kotor menghitam dan cair atau belum, oli power steering berkurang atau ada yang bocor bagian selanya atau tidak dsb, kemudian air radiator berkurang atau tidak volumenya, kemudian bagian ban belakang depan ada yang bautnya kurang kencang perlu di kencangkan ( dongkrak dan putar roda tanpa handrem).
Dengan service secara rutin, maka dapat membiasakan kita pada mobil pegangan kita, jadi kita dapat lebih merasakan apabila ada masalah pada mobil yang biasa kita kendarai.

2. Rutin mengganti oli mesin
Oli mesin sangat berpengaruh pada kinerja laju mesin, oli mesin yang sudah encer dan menghitam sebaiknya diganti, karena dapat merusak mesin jika tidak segera diganti, gunakan oli mesin terbaik jika perlu. Oli motul terkenal baik untuk mesin.

3. Cek pada valve
Masalah yang terjadi tidak dapat pindah gigi. Dapat disebabkan karena kotornya pada body valve, Pada mobil matic biasanya sering terjadi kerusakan pada bagian gasket transmisi, misalnya kebocoran gasket, kamu harus memperhatikan itu, dan segera perbaiki jika ada yang perlu diperbaiki.

4. Memanaskan mobil
Sebelum melakulan perjalanan atau rutinitas, sebaiknya mobil dipanaskan terlebih dahulu, dengan memanasi mobil sebelum jalan, maka kondisi bagian mesin akan terlumasi secara sempurna, memanaskan mobil matic secara rutin meskipun hanya 5 menit dapat membuat mobil matic lebih halus ketika melaju dan dapat memperpanjang usia matic itu sendiri.

5. Mengganti oli transmisi
Pengecekan pada sistem transmisi bisa dilakukan sendiri dirumah. Caranya dengan menempatkan pada tuas transmisi di posisi D atau R, selanjutnya kamu bisa melepas rem mobil. Jika mobil tidak memiliki masalah pada sistem transmisi, maka mobil matic akan langsung bergerak konstan.

Dengan mengganti oli transmisi secara berkala, dapat merawat sistem kerja transmisi dan membuat usia matic lebih panjang dari usia normal.

Kesimpulan

Oli transmisi sangat berpengaruh pada usia matic, usahakan kualitas dan volume pada oli transmisi, serta kuras semua oli yang berhubungan dengan mesin matic.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon