Selasa, 17 Desember 2019

Jangan memberi makan cupang dengan cacing sutera

Jangan memberikan makan ikan cupang dengan cacing sutera untuk menghindari penyakit jamur yang kapan saja dapat menyerang ikan cupang. Penyakit jamur pada ikan cupang sangat berbahaya sekali lho, karena saya beberapa kali mengalami lubukan ikan cupang saya yang berjumlah ratusan ekor mati satu demi satu.


Setiap brider ikan cupang memiliki caranya masing masing, kalo saya sih pilih amanya saja. Kalo kamu mau pake cara yang mana dalam budidaya ya itu masing masing.

Cacing sutera alam biasanya hidup di tempat kotor

saya dulu sering memberi makan burayak dan imdukan ikan cupang saya dengan menggunakan cacing sutera yang saya cari sendiri, saya cari di selokan tempat pembuangan kotoran ayam dan sisa sisa produksi tahu. Nah di situ tuh banyak buanget cacing sutera hidup. Tapi jangan tanya ya bro, baunya di selokan tempat cacing sutera berkembang biak tersebut. Baunya sangat busuk, nah disitulah patogen dan jamur dibawa oleh cacing sutera. Karena biasanya untuk apa saja yang sudah berbau busuk, itu tandanya sudah ada bakteri bakteri yang dapat mengakibatkan penyakit atau biasa disebut dengan patogen.

Membersihkan cacing sutera dari patogen

Kalo temen temen masih tetap ingin ngasih tuh cacing sutera ke ikan cupang, ada saran nih buat kamu. Kamu pisahkan cacing sutera yang baru saja di cari dan cici dengan air bersih kemudian diberikan filter atau aerasi selama 24 jam sampai cacing itu mengeluarkan kotoranya, setelah itu cuci kembali sampai bener bener bersih kemudian di rendam lagi dengan air daun sirih atau spirulina, kalo dari referensi yang pernah saya baca ya guys, bahwa air daun sirih itu bisa membunuh bakteri patogen yang merugikan, ya intinya itu anti bakterial si daun sirih itu dibawah ini adalah gambar cacing sutera yang sudah dibersihkan dan diberi filter


cacing sutera penyebab ikan jamuran


Direndam dan dikasih makan spirulina cacing sutera

Selain menggunakan daun sirih, bisa menggunakan spirulina, spirulina adalah sejenis tumbuhan hijau yang sudah di keringkan dan banyak mengandung khasiat, sekarang masih terus dikembangkan untuk kepentingan kecantikan dan pengobatan, kamu bisa tuh googking sendiri apa itu spirulina.

Logikanya gini ya kalo cacing sutera di kasih spirulina, cacing sutera yang di alam itu kan kotor, si cacing makan apa aja yang lewat dan itu termasuk patogen yang di bawa si cacing, namun setelah si cacing di bersihkam dan membuang kotoranya kemudian dinpersihkan lagi dan diberi makan spirulina yang juga terkenal sebagai anti bakterial alami, makan cacing akan sehat dan tidak mengandung patogen lagi.

Mengatasi ikan cupang yang terkena jamur

Bagi kamu yang mengalami ikan cupangnya atau burayak ikan cupangnya terkena serangan jamur, langkah yang pertama adalah segera mengangkat semua ikan yang sudah terinfeksi jamur, karena jika tidak segera di angkat maka akan menular ke ikan yang lainya, stelah itu kuras bak atau kolam tersebut dan ganti dengan air yang baru dan air yang untuk mengganti juga air yang sudah di endapkan atau sudah di filter. Untuk ikan yang sakit terkena jamur bisa di lepas ke alam atau di obati

Mengobati cupang yang terkena jamur

untuk mengobati ikan cupang yang terkena jamur adalah dengan membersihkan jamurnya, ikan yang jamuran bisa di letakan di wadah bersih dengan konsentrasi garam dan obat antibakteri. Ganti airnya selama 24jam sekali, maka jamur lama lama akan mati dengan sendirinya.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon