Senin, 18 November 2019

Atoz jadi overheat saat jalan menanjak

Apakah om om pernah mengalami atoznya baik baik saja di jalan datar dan waktu masuk dijalan yang menanjak tiba tiba indikator tempertur naik dan akhirnya overheat bahkan mesin bisa mengeluarkan asap, nah kalo pernah ngalami atau mungkin saat ini masih ada problem dijalan, 


Mungkin postingan ini bisa sedikit memberikan pencerahan kepada om om sekalian pecinta mobil atoz

Dan berikut adalah Beberapa masukan dari beberapa master di forum atoz yang pernah mengalami, mungkin bisa dicoba

1. Bisa coba tuh di lepas termostatnya, atoz sebenarnya sih bukan untuk jalan menanjak, tapi kalo tanjakanya ga ekstrim ekstrim banget gpp sih.


2. Coba berhenti dulu saja tapi jangan matikan mesin, biarkan mesin menyala dan biarkan indikator menunjuk ke jam 11 dan kipas radiator hidup, perhatikan saja kecepatan putaran kipas. Jika putaran kipas masih kencang berarti yang bermasalah pada pompa air namun jika putaran kipas lambat maka bisa jadi yang bermasalah pada kelistrikan.

3. Kalo sudah keliatan kipasnya ga stabil pada saat muternya, bisa jadi itu dari relaynya ya om, coba bisa ganti dengan relay yang aslinya atoz

4. Bisa juga di coba matiin ac dan coba di gas gas aja om

5. Bisa jadi juga klep di saluran pendingin sudah lemah, dan bisa diganti, jarganya cukup murah saja om, sekitar 100rb an saja.

6. Om bisa cek oli mesin juga, mungkin berkurang, karena jika oli mesing kurang bisa juga lho mesin jadi cepet panas, kalo menurut saya sih pemilihan oli mesin juga harus diperhatikan SAEnya biar tarikan jadi enteng dan mesin tidak cepat panas saat perjalanan jauh dan menanjak

Jadi intinya untuk masalah overheat harus bener bener dipahami permasalahanya, karena untuk mendapatkan kebenaran dari permasalahan mobil yang rusak itu butuh proses, kadang cepat di temukan penyebabnya, namun kadang juga bisa lama dan tergantung juga dari pengalaman si bengkel yang menangani mobil om om.

Pada saat tanjakan biasanya rpm tinggi dan kecepatan rendah, dan pada saat jalan mendatar rpm rendahpun kecepatan bisa tinggi, bisa jadi bilah waterpump rontok dan menyumbat saluran sehingga terjadi panas dan dapat menyebabkan overheat, namun ketika di jalan mendatar tidak overheat karena dalam kecepatan tinggi angin dapat membatu pendinginan mesin.

Mungkin itu saja sharing dari saya mengenai mobil atoz yang overheat atau panas saat tanjakan, semoga bermanfaat, pecinta atoz ya hyundaiatoz.com situsnya hehe

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon